Pilar Utama Kerja Remote Internasional

Untuk bisa melakukan kerja remote syaratnya cuma 3:

  1. Memiliki skill yang dibutuhkan industri dan bisa dikerjakan secara remote.

Ini artinya pekerjaan-pekerjaan di bidang digital seperti di IT maupun marketing, dan tentu saja pekerjaan lain yang bisa diselesaikan hanya dengan internet dan perangkat komputer atau handphone.

  1. English Skill

Mengincar klien dari berbagai belahan dunia artinya kita harus mampu menggunakan bahasa universal yaitu bahasa Inggris. Adapun levelnya bergantung dari klien yang ingn kamu incar.

Tentu semakin bagus level bahasa inggrismu semakin bagus kesempatanmu untuk mendapatkan klien. Meskipun begitu kamu tidak perlu menunggu untuk merasa "bagus" bahasa inggrisnya untuk sekadar mencoba memulai.

  1. Niat

Meskipun kamu punya skill teknis dan kemampuan bahasa inggris yang cukup, jika kamu tidak niat, maka yang terjadi adalah kamu akan cepat menyerah ketika dihadapkan pada kondisi diluar dugaanmu.

Namun, banyak orang memiliki pilar di atas.

Oleh karena itu, setelah pilar-pilar tersebut terdapat ilmu dan teknik-tenik yang perlu dipelajari juga untuk bisa bersaing dengan talent di seluruh dunia.

Saya sendiri memiliki banyak hal yang menurut saya krusial sehingga saya bisa bersaing secara global, semuanya sudah saya tuangkan di ebook BisaKerjaRemote (opens in a new tab)

Apakah bekerja remote tanggung jawab dan lingkup pekerjaannya sama dengan bekerja di perusahan lokal?

Sepengalaman saya, kurang lebih sama, bahkan tidak jarang ada yang jauh lebih mudah daripada di Indonesia. Terutama dari workload dan keseimbangan waktu yang diberikan.

PR besarnya sebetulnya adalah bagaimana supaya kamu bisa menembus ke perusahaan luar negeri, setelah masuk sebetulnya ya gak beda jauh dengan pekerjaan di Indonesia dari sisi tanggung jawab dan jenis pekerjaan rutinnya.


© 2024 azamuddin.com